Senin, 28 Desember 2015

BAB IV

PENUTUP



4.1. Kesimpulan

Dengan adanya sistem komputerisasi penjualan secara tunai pada CV Rajawali Interior Jaya penulis dapat menyimpulkan bahwa dalam melakukan proses penjualan dan pengolahan data dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi dalam pekerjaan. Dalam hal ini penulis mencoba memberikan hal-hal yang menguntungkan dalam perancangan program ini antara lain :
a. Memudahkan proses transaksi antara penjual dengan pelanggan.
b. Mempercepat proses pengisian data barang interior dan data pegawai.
c. Dapat mempercepat pembuatan laporan kepada pihak pemilik CV.Rajawali Interior.
d. Dapat meminimumkan kesalahan-kesalahan diwaktu penginputan.
e. Dalam pengolahan data dapat dilakukan secara teliti, aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan sehingga data tersebut dapat kita baca kembali untuk melakukan perbaikan data bila kita perlukan.
f Proses pengecekan data maupun pencarian data bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

4.2. Saran

Komputer tidak akan bekerja secara maksimal apabila pemakai tidak menggunakannya dengan baik. Untuk itu agar dapat hasil yang maksimal pemilik atau pegawai CV.Rajawali Interior Jaya harus mempunyai pengetahuan tentang komputer untuk menghindari kerusakan media penyimpanan data.
Dalam hal ini penulis memberikan saran-saran sebagai berikut :
a. Dalam penggunaan komputer ini sangat dibutuhkan pengetahuan, kedisiplinan, serta ketelitian dalam mengoperasikan komputer.
b. Sebaiknya pemilik melakukan pelatihan terlebih dahulu kepada pegawai yang akan mengoperasikan perancangan program ini sehingga pegawai tidak hanya bisa memakai atau menjalankan tetapi juga dapat menguasai dengan baik.
c. Membuat Back Up data untuk menghindari hilangnya data secara tiba-tiba.
d. Kerja sama antar bagian yang terlibat agar tercipta suasana yang harmonis.
Pemeliharaan / perawatan dilakukan secara berkala terhadap hardware dan software.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar