Selasa, 29 Desember 2015

BAB I

PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang

Perkembangan komputer saat ini sangatlah berperan penting diberbagai bidang usaha terutama kemampuanya yang baik dalam mengolah data dan informasi. Apalagi pada saaat ini, komputer amat penting untuk memudahkan pekerjaan kita. Di era sekarang ini teknologi sudah sangat maju, komputer pun mempunyai peranan yang sangat penting. Semua bidang profesi sangat membutuhkan komputer, seperti dalam dunia perdagangan telah mengalami perubahan yang sangat besar,karena adanya kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Akibatnya, cara hidupdan pola fikir manusia mengalami perubahan menjadi lebihmoderen sesuai dengankeadaan sekarang ini. CV.Rajawali Jaya Interior melakukan pengolahan data secara manual dan itumenjadi permasalahan pokok yang dialami CV.Rajawali Jaya Interior karena pengolahan data penjualan secara manual memerlukan waktu yang cukup lama sehingga waktuyang ada menjadi tidak efektif dan efisien. Sesuai dengan permasalahan diatas, maka untuk itu penulis sangat tertarik untuk membahasnya dalam makalah yang berjudul : “ PERANCANGAN PROGRAM PENJUALAN SECARA TUNAI PADA CV. RAJAWALI JAYA INTERIOR DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0 ” agar dapat mempermudah dalam proses pengolahan data pada CV. Rajawali Jaya Interior.

1.2. Maksud dan Tujuan

Maksud penulis membuat laporan KKP ini adalah sebagai berikut :
1. Menganalisa sistem informasi penjualan Tunai pada CV. Rajawali Interior Jaya.
2. Membuat rancangan sistem yang baru yang dapat mengatasi masalah efesiensi dan ketepatan penggunaan waktu dalam memproses laporan pembelian tunai, laporan pembayaran dan persediaan pada CV. Rajawali Interior Jaya.
3. Dengan adanya sistem penjualan tunai, pembayaran serta persediaan ini bisa mempermudah CV. Rajawali Interior Jaya dalam mengelolah data dan melaporkan informasi yang berkaitan dengan pembelian, pembayaran dan persediaan.
Adapun tujuan penulis membuat laporan ini adalah sebagai salah satu persyaratan untuk memenuhi nilai Ujian Akhir Semester mata kuliahDesain Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi pada jurusan Komputerisasi Akuntansi di Bina Sarana Informatika.

1.3. Metode Penelitian

Metode penelitian merupakan langkah penting dalam penyusunan laporan KKP. Dalam menyusun laporan penulis menggunakan beberapa metode untuk mengumpulkan data, yaitu :
a. Metode Observasi (Observation)
Dalam metode ini penulis melakukan pengamatan langsung ke perusahan CV.Rajawali Jaya Interior Jaya yang beralamat di Jl. Raya Pekayon No.1 Bekasi Pekayon. Dalam metode ini dilakukan penelusuran bukti-bukti dan dokumen- dokumen yang terkait dengan kegiatan pembelian kredit dan menganalisis data dengan prosedur-prosedur yang berlaku.

b. Metode Wawancara (Interview)
Dalam metode ini penulis melakukan tanya jawab dengan Bpk. Rolman Gultom sebagai Owner dan Ibu. Devi sebagai kasir mengenai prosedur pembelian kredit pada CV. Rajawali Interior Jaya.

c. Metode Studi Pustaka ( Library Research)
Penulis juga melakukan pencarian referensi dan menggunakan pedoman dari buku serta melakukan penelitian secara teoritis dengan membaca, menganalisa dan memahami buku-buku yang berkaitan dengan masalah pembelian secara tunai.

1.4. Ruang Lingkup

Didalam penulisan tugas ini, penulis membatasi masalah hanya pada penjualan saja. Dari mulai pemasukkan data, transaksi sampai dengan pembuatan laporan.

1.5. Sistematika Penulisan

Sistematika Penulisan merupakan uraian tentang susunan dari penulisan itu sendiri yang dibuat secara teratur dan terperinci, sehingga dapat memberikan gambaran secara menyeluruh. Adapun sistematika penulisan laporan ini terdiri dari empat bab yang diuraikan sebagai berikut :

BAB I   PENDAHULUAN

Dalam bab ini membahas latar belakang, maksud dan tujuan penulisan, metode penelitian, ruang lingkup serta sistematika penulisan.

BAB II   LANDASAN TEORI

Dalam bab ini penulis membahas mengenai konsep dasar sistem, Penjualan serta peralatan pendukung (Tools System) yang digunakan.

BAB III   RANCANGAN SISTEM USULAN

Dalam bab ini penulis menjelaskan pengertian secara umum, prosedur sistem berjalan, DAD sistem akuntansi berjalan, kamus data sistem berjalan,normalisasi, spesifikasi sistem akuntansi sistem berjalan (spesifikasi bentuk dokumen masukan, spesifikasi bentuk dokumen keluaran, spesifikasi file, struktur kode, spesifikasi bprogram,spesifikasi komputer) dan jadwal implementasi

BAB V   PENUTUP

Pada bab ini penulis memberikan kesimpulan dari semua pembahasan yang telah dibahas dan memberikan saran-saran yang berhubungan dengan sistem yang dapat berguna bagi CV. Rajawali Jaya Interior.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar