Selasa, 29 Desember 2015

BAB III

PEMBAHASAN


3.1. Tinjauan Perusahaan

3.1.1. Sejarah Perusahaan

CV. Rajawali Jaya Interior (RJI) didirikan pada tanggal 15 Februari 2006 yang beralokasi di Jl.Raya Pekayon No.1 Bekasi Selatan. Awalnya bermula dari owner yang berprofesi sebagai Sales sebuah perusahaan interior yang merasa mampu mendirikan suatu usaha baru dengan basic ilmu yang didapat selama bekerja.Saat ini CV Rajwali Jaya Interior memiliki enam kegiatan usaha yaitu penjualan interior, pengerjaan plafon gypsum, partisi gypsum , profil gypsum, baja ringan dan pengecatan.

3.1.2. Struktur Organisasi



3.2. Prosedur Sistem Usulan

1. Prosedur Persiapan Awal
Bagian Admin melakukan penginputan data master berupa file barang, pelanggan, perkiraan dan saldo awal berdasarkan dokumen data barang, data pelanggan dan neraca saldo periode berjalan.

2. Prosedur Rekam Penjualan
Transaksi penginputan penjualan dilakukan oleh kasir dengan membuka aplikasi penjualan dan mengisi data berdasarkan PO dan menarik data dari file master barang dan pelanggan , data disimpan di file penjualan dan langsung tercipta jurnal penjualan yang akan dismpan kedalam file jurnal.

3. Prosedur Rekam Jurnal
Pada prosedur ini dilakukan oleh bagian admin berdasarkan bukti transaksi diluar dari penjualan. Dan akan disimpan kedalam file jurnal.

4. Prosedur Laporan
Berdasarkan file saldo awal, file jurnal dan file penjualan bagian admin dapat mencetak laporan penjualan, neraca, buku besar dan jurnal umum yang akan diserahkan kepada pemilik toko.

3.3. Diagram Alir Data (DAD) Sistem Berjalan

Diagram Konteks Sistem Usulan


Diagram Nol Sistem Usulan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar